Minggu, 02 Februari 2014

Ngasruk ke jembatan kereta api Cirahong

bismilah...........

berhubung masih berhubungan dengan kereta api dan termasuk peninggalan yang mengagumkan dari pemerintah kolonial belanda.
ts yang termasuk the rail fans mencoba menyambangi tempat ini dengan passion riding.
datangnya ke temapt ini bisa bermobil ngangkot atau ngojek nah, berhubung ts suka momotoran maka,
datanglah ts ke lokasi ini dengan motor.
jarak dari tempat tinggal ts di cimari cikoneng kab ciamis sekitar 5 km
dari purwakarta sekitar 210 km
dan dari jakarta sekitar 300 km




jembatan unik ini merupakan karya jasa bupati ciamis jaman kolonial belanda.pada waktu itu jawatan kereta api setelah pembuatan jalur telah sampai di manonjaya berinisiatif langsung lurus saja ke banjar lewat wilayah cimaragas.
karena menurut para insinyurna kalau dibikin lewat ciamis pasti makan biaya besar karena akan melintasi sungai cirahong dan otomatis pasti di buatkan jembatannya.
entah karena lobi2 apa akhirnya pemerintah kolonial menyetujui usulan buapati ciamis kala itu untuk membelokkan jalur kereta apinya ke wilayah ciamis dan otomatis pula di buatkan jembatannya.
dan sekarang kita masih menyaksikan dan merasakan sensasi nyebrang jembatannya berikut keindahannya.

Andia (nama motor saya) ikut narsis




 Jembatan Cirahong adalah jembatan kereta api yang terletak di perbatasan kabupaten Tasikmalaya dan kabupaten Ciamis, tepatnya di manonjaya tasikmalaya. Jembatan ini melintas diatas sungai citanduy yang merupakan perbatasan dari kedua kabupaten tersebut. Jembatan ini mempunyai nomor BH 1290 dan berada di petak antara stasiun manonjaya dan stasiun ciamis dalam wilayah kerja daop 2 bandung. Jembatan ini menggunakan konstruksi baja yang banyak dan cukup rapat. Jembatan yang memiliki panjang 202 meterini merupakan jembatan yang unik, karena memiliki 2 fungsi. Bagian atas jembatan berfungsi untuk lalu lintas kereta api, sedangkan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan. Namun kendaraan yang melintas harus bergantian masuk, karena ukuran jembatan yang sempit. Jembatan ini merupakan jalur alternatif dari Tasikmalaya menuju Ciamis lewat Manonjaya dan sebaliknya.

ka Serayu (jakarta-kroya) melintas



lalu lintas harus giliran antara sebrang tasikmalaya dan sebrang dari ciamis



giliran nyebrang














alas kayu


giliran
jalur masuk ke lokasi ini ada sebelum pas pom bensin sindang rasa ciamis atau satu kilometer sebelum masuk kota ciamis dari arah bandung atau jakarta.ambil arah kanan dan riding sekitar 3 km ke arah manonjaya.
koordinat jembatan ini ada di       -7.339738,108.317381

ts narsis sedikit
abaikan orang ganteng ini




hari sudah sore saatnya pulang
semoga berkenan dan bermampaat

ada sedikit dokumentasi waktu nyebrang jembatannya dengan sensasi glodak glodaknya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar