Selasa, 15 Juli 2014

Berbagi rasa di Cisoka

Bismilah..........................................................................................................

CISOKA

Kampung ini berada di wilayah desa Citengah,kecamatan Sumedang Selatan,kabupaten Sumedang. Berisikan dua puluh tujuh kepala keluarga. Secara geografis berada di punggung gunung Masigit-Kareumbi.
Jarak dari kota kabupaten sekitar enam belas kilometer,dengan rincian :sembilan kilometer pertama jalan mulus hotmik sampai perkampungan terakhir,masuk ke hutan kecil dan perkebunan teh dengan kondisi jalan aspal terkelupas dan sebagian sudah hilang,menyisakan batu-batu besar yang di padatkan. Wilayah ini masuk tanah pemerintah yang di Hak Guna Usahakan penduduk untuk perkebunan Teh. Sebagian warganya berasal dari wilayah Ciwidey,Bandung selatan yang sudah turun temurun terbiasa dengan pengelolaan tanaman Teh. Mereka di tarik kerja oleh seorang pengusaha buat membuka lahan perkebunan di Cisoka ini. Sekitar tahun 70 an atau 80 an, nama perkebunannya adalah Margawindu. Koordinat -6.927978,107.973214
Belum ada pasokan listrik ke kampung ini, penduduk setempat menggunakan modul tenaga surya buat penerangannya, dan itu berkat sumbangan sebuah Universitas. Janji-janji pemerintah membuat jalur listrik hanua angin lalu saja.

Pak lili

Dua puluh menit menjelang buka puasa pada tanggal 12 juli 2014. Bersama Mang Dedi terengah-engah menapaki jalan tanah nan licin di kampung Cisoka. Jejeran rumah bilik sederhana, pagar dari Rotan yang di lengkung setengah lingkaran menjadi pemandangan lazim di kampung ini. Setelah dua kali bertanya pada warga, akhirnya kami menemukan rumah sang ketua rukun tetangga tersebut. Rumah sederhana bertembok anyaman bambu ini memiliki luas sekitar 6x3 meter. Tidak ada titik cahaya di dalam rumah tersebut. Padahal suasana saat itu menjelang malam. Dua kali salam, barulah ada sahutan dari dalam. Sesosok perempuan paruh baya nongol di balik pintu. Bertanya sedikit curiga kepada kami. Kujelaskan maksudnya,barulah membukakan pintu. Suasana di dalam gelap sekali. Tidak ada sedikitpun cahaya lampu. Rupanya Accu rusak penyebabnya. Energi listrik dari modul tenaga matahari tidak terserap sama sekali. Ngalor ngidul kami berbincang maksud dan tujuan kesini. Alhamdulilah bapak satu anak ini terbuka sekali. Beliau mempersilakan kami untuk menggelar kegiatan dan bermalam di kampung Cisoka ini.

============

baca sambungannya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar