Minggu, 28 Desember 2014

Curug Bandung, Eksotika di utara Cilacap

Bismilah..................................................................................................................................

Tanggal 26 Desember 2014, pas sehari hari raya Natal, saya tiba dikota kecil di barat Cilacap, yakni Majenang. Kedatanganku dalam rangka silaturahmi ke Bibi (adik Bapak) yang tinggal dikota tersebut. Saat itu bawa gerobak kesananya karena bawa keluargaku yang berjumlah 5 orang. Istirahat sehari untuk setelahnya kembali ngaspal menuju Magelang. Nah!! dijeda waktu itu, saya sempatkan menjelajahi kota kecil sampai ke sudutnya dan dapatlah destinasi air terjun diutara kota.

====================================================================


Berbekal motor pinjaman dari sang Paman, kumulailah Jarambah ini. Singkat cerita, saya dapat info curug ini dari pengunjung langganan warung Mie Ayam pamanku. Gasslah .........Jalan Sopyan Tsauri yang lurus datar berlatar belakang gunung Padang tujuanku. Jalan pelan saja menikmati suasana sepinya lalulintas dan indahnya pemandangan.


Di pasar Karanggendot desa Limbangan, kubelokan Astre Grand lansiran tahun 1994 ini kekanan menanjak menuju Ciheuleut. Jalanan masih mulus aspal sampai pertigaan terakhir memasuki kampung sebelah utara desa itu. Setelahnya adalah jalanan bekas aspal, batu dan tanah sampai tempat parkir sebelum curug.



Jalan kaki saja delapan ratus meter ke bawah menuju sebuah sungai. Ada sih tapak jalur motor garuk tanah tapi, penduduk setempat menyarankan untuk tidak membawanya kebawah karena jalannya licin bekas hujan semalam.


















Jalan tanah yang licin cukup menyulitkan juga. Saat itu saya memang salah kostum dengan memakai sepatu bot yang tinggi. Itu cukup repot sewaktu menuruni jalan menurun curam elevasi 40 derajat. Setengah jam kemudian barulah sampai ke lokasi setelah bersusah payah menuruninya.

                                                     
Secara Administrasi, Curug Bandung berada di Kampung Ciheuleut, desa Limbangan,kecamatan Sidareja, Cilacap. Akses jalan dari parkiran ke lokasi sudah baik berstrukur masih tanah dan selebar satu meter. Sedangkan titik kooridnat lokasi ada di Latitude: -7°-24'-7" (-7.4020755)
Longitude: 108°39'45" (108.6625216)


Curug kembar ini hampir mirip dengan air terjun Sindulang di Cicalengka, Bandung Timur. Suasana sepi, tidak ada satupun pengunjung adalah nilai plusnya disini. Mungkin hanya diketahui kalangan tertentu saja, dan pengelolaannya masih sangat sederhana,itu terbukti dengan tidak adanya warung penunjang bagi pengunjung. Sungguh masih sangat alami disini. 
Hari sudah siang, saatnya pulang.


Cag







Tidak ada komentar:

Posting Komentar