Kamis, 28 Agustus 2014

Pangheotan

Bismilah.............................................................................................


Menerawang jauh 15 tahun kebelakang, disaat jalan tol Cipularang belum ada. Setiap menuju ke kampung halaman kota Ciamis dari Purwakarta. Bilamana sudah memasuki kawasan Panglejar,Bandung Barat selalu saja melihat plang perkebunan Pangheotan, begitupun juga kala melewati Cikalong wetan dan Tagog Apu, pasti saja melihat plang perkebunan yang sama. Saat itu,belum ingin atau tak ingin tahu apa dan bagaimana Pangheotan. Indahnya atau kondisi penduduknya serta jalur jalannya. Kini, lima belas tahun kemudian, apa serta adanya Pangheotan sekarang gamblang telah tersambangi.

===========================

Dapat teman riding dari sesama penyemplak pulsar, yakni : Rusma dari Cikampek dan tandem main kemana-mana ,Yudi Permana. Mulai riding setelah shalat shubuh. Melalui jalur alternatif langsung Pasawahan-Bojong. Hawa segar menyeruak kesela-sela Balaclava yang aku kenakan. Suasana lalu lintas masih sepi, dan aktifitas penduduknya masih belum ramai, hanya bebrapa saja yang sudah pergi ke sawah dan ladang.



Jalan mulus di Purwakarta menyeluruh dari kota sampai desa. Insfrastruktur utama perekonomian ini begitu bergeliat di kala bupati, Dedi Mulyadi, memegang tampuk pemerintahan kabupaten Purwakarta. Program jalan leucirnya sukses membuat seluruh jalan kabupaten menjadi mulus berhotmik semuanya....Cemiuww.
Pasawahan-Pondok Salam-Bojong-Pasanggrahan-desa terakhir di perbatasan yakni Pasir Angin semua dijalani dengan santai karena bagusnya jalan. Barulah memasuki desa Ganjar Sari,kecamatan Cikalong Wetan, bandung Barat, jalan kembali makadam alias cuma batu dipadatkan doang.


Terus berlanjut beberapa kilometer kedepan samapai perkebunan Teh Pangheotan. kami kira jalanan jelek itu akan berakhir begitu memasuki Pangheotan. Walhasil semua ditelusuri sampai Padalarang, sukses semua jalan jeleknya sepanjang 35 kilometer. kelemahan lainnya adalah plang penunjuk arah. Beberapa kami sempat dibuat kebingungan disaat menemui perempatan atau jalan bercabang. Cps lah yang menuntun kami saat itu...Alhamdulilah.



Secara Administrasi kebun teh Pangheotan ini masuk wilayah kecamatan Cikalong Wetan ,kabupaten Bandung Barat. Lokasinya berada di Punggung gunung Burangrang sebelah barat yang meliputi Cileunca,Panglejar, dan Cikalong Wetan dan Pangheotan itu sendiri.Koordinat ada di    -6.748317,107.486944


Telaga Lembang Satu    -6.768901,107.500355

Yang menolong jalur Pangheotan ,Bandung Barat ini adalah keindahan alamnya. Saat itu, tidak semua destinasi wisatanya terjamah semuanya. Hanya situ Lembang Satu dan perkebunan Teh saja yang terdokumentasikan dengan baik. Mungkin keterbatasan saat itu adalah sebuah ketentuan dari yang maha kuasa yang memungkinkan kami kembali lagi untuk kesana..................

Cag

1 komentar: